Cari Lirik Lagu Berdasarkan Penyanyi/ Band

Konser Sebuah Nama Sebuah Cerita Akhir Dari Nama Band Peterpan


Mungkin Anda bingung mengapa postingan-postingan terakhir saya lagu-lagu peterpan, malah banyak lagu-lagu lama dari album-album peterpan yang terdahulu.
Jangan bingung dulu, hal itu memang saya sengaja dan ada sebabnya tentunya ^^. Kemarin malam di Pantai Karnaval Ancol, Peterpan menggelar konser bertajuk "Sebuah Nama Sebuah Cerita".

Mungkin sebagian dari Anda sudah tahu bahwa konser tersebut adalah konser terakhir dari Peterpan. Sedih banget ya kayanya bagi para pecinta band Peterpan, tapi tenang itu hanya akhir dari nama "Peterpan" bukan bandnya.

Seperti kita ketahui Peterpan pernah mengalami perpecahan personelnya yaitu Andika (Keyboardis) dan Indra (bassis) yang sekarang sudah membentuk band baru The Titans. Konon katanya nama "Peterpan" adalah hasil ide dari sang keyboardis "Andika".
Dan karena Andhika bukan personel peterpan lagi, ia ingin nama tersebut diganti. Nah karena permintaan dari andika tersebut makanya nama peterpan harus diganti. Nah oleh sebab itu untuk mengenang nama Peterpan tersebut, saya posting beberapa hits dari peterpan dari album pertama sampai album terakhirnya.

Dan dalam postingan saya sekarang ini, saya ingin mengangkat profile band peterpan ini. History dan macam-macamnya. Oc kita mulai saja hehe


Peterpan adalah sebuah band beraliran poprock dari Bandung, Indonesia yang sekarang anggotanya tinggal 4. Band ini dibentuk pada tahun 1997 dan terkenal berkat lagu-lagunya "Ada Apa Denganmu", "Topeng", dan "Kukatakan Dengan Indah". Pada awalnya kelompok Peterpan terdiri dari Ariel, Uki, Loekman, Reza, Andika, dan Indra. Namun di bulan November 2006, dua anggotanya, Andika dan Indra dipecat dari grup musik tersebut. Perpecahan ini dipicu adanya perbedaan prinsip kreativitas.

Awal terbentuk

Pada tahun 1997, Andika (keyboard) membentuk band Topi dengan mengajak adik kelasnya di SMU 2 Bandung, Uki (gitar), serta teman mainnya, Abel (bas) dan Ari (drum). Uki pun mengajak teman SMP-nya Ariel yang mengisi posisi vokal. Dengan formasi seperti itulah, mereka mulai manggung dan memainkan musik beraliran Brits alternatif. Kemudian Ari mengundurkan diri dan Topi pun bubar tanpa sebab yang pasti.

Andika mengumpulkan kembali personel Topi di tahun 2000. Namun kali ini, posisi drum dipegang oleh Reza. Untuk memberi warna musik yang lebih dewasa dan lebih kaya melody, maka diajaklah Loekman, teman kakak Indra, yang akhirnya jadi lead guitar (gitar utama). Setelah terbentuk dengan formasi enam orang, mereka pun mengambil nama peterpan. Tanggal 1 September 2000 secara resmi peterpan terbentuk.

Perjalanan profesional peterpan dimulai tahun 2001 dengan merambah dari café ke café di Bandung. Mereka bermain di café O'Hara dan Sapu Lidi dengan membawakan lagu-lagu top 40, serta alternative rock seperti Nirvana, Pearl Jam, Cold play, U2, Creed, dll. Saat di café Sapu Lidi-lah potensi mereka terlihat oleh Kang Noey (basis Java Jive) yang sedang mencari band untuk mengisi album kompilasi. Dari tiga lagu yang dikirim untuk demo, "Sahabat", "Mimpi Yang Sempurna", dan "Taman Langit", terpilih lagu "Mimpi Yang Sempurna" untuk dimasukan ke album kompilasi Kisah 2002 Malam yang dirilis Juli 2002. Tak disangka lagu tersebut menjadi jagoan album ini dan mendongkrak penjualan sampai di atas 150.000 kopi.



Perpecahan



Pada tanggal 4 November 2006, Andika dan Indra, resmi keluar dari anggota band. Kedua mantan personil ini pada akhirnya membentuk kelompok lainnya yang diberi nama The Titans.

Pasca keluarnya Andika dan Indra, posisi mereka ditempati oleh dua pemusik tambahan, yaitu Lucky dan David. Dengan formasi tambahan ini, Peterpan merilis, Hari yang Cerah. Acara launching album ini juga dibuat lain karena dilakukan di dua negara. Di RUUMS Kuala Lumpur pada 25 Mei 2007 setelah itu di Bandung di Monumen Pahlawan Gazebo dan disiarkan secara live di 6 stasiun televisi.

Album ini diklaim sebagai album terakhir mereka dengan nama "Peterpan". Ariel mengklaim bahwa pada akhirnya mereka akan melepaskan nama Peterpan dan menggunakan nama lainnya.

Meski tanpa formasi utuh seperti dulu, peterpan masih mampu memperlihatkan 'taring'nya. Di bulan September 2007, mereka mendapat kehormatan untuk mengikuti acara "Song Festival" di Korea Selatan. Sebelumnnya, peterpan juga masih mampu mengantongi penghargaan sebagai Best Favorite Artis Indonesia MTV Asia Award 2006 dan Album Pop Group Ngetop SCTV Music Award 2006.

Album-album yang sudah dirilis peterpan sampai saat ini berjumlah lima:
  • Taman Langit (2003)
  • Bintang di Surga (2004)
  • Ost. Alexandria (2005)
  • Hari yang Cerah (2007)
  • The Best of (Sebuah Nama Sebuah Cerita) (2008)




Khusus untuk album terakhir yang berkonsep "Best of the best" berjudul ” Sebuah Nama, Sebuah Cerita ” yang tidak lain menceritakan perjalanan bermusik mereka. Tidak heran, di album ini terdapat banyak lagu-lagu peterpan di album-album sebelumnya. Tetapi mereka tetap menghadirkan 3 lagu baru karena mereka ingin membuat album ini se-spesial mungkin. Bahkan juga dengan video klipnya. Rinciannya, album ini terdiri dari berisi 30 lagu (3 lagu baru, 1 lagu Chrisye yang diaransemen ulang "Kisah Cintaku", dan 26 lagu dari album-album sebelumnya).

Selain profile Peterpan, saya juga ingin mengomentari jalannya konser kemarin.
Konser yang berlangsung di Taman Karnaval Ancol dan ditayangkan secara live oleh RCTI tersebut berlangsung amat spesial.

Personel-personel Peterpan yang terdiri dari Ariel, Uki, Reza, dan Lukman menampilkan konser yang allout menurut saya.
Mungkin karena konser terakhir dengan nama Peterpan, mereka ingin memberikan yang terbaik bagi para fansnya atau yang lebih dikenal sebagai "Sahabat Peterpan".

Konser tersebut pertama-tama dibuka oleh host Magdalena dengan megah. Lebih dari 20 lagu hits dari peterpan dinyanyikan di depan ribuan fans fanatiknya sekitar 2jam lamanya. Ada juga penyanyi band lain yang ikut meramaikan konser ini, diantaranya Pasha "ungu", Giring "nidji", Ryan "D'massive"dan yang terakhir penyanyi legendaris Iwan Fals.
Lagu-lagu yang dinyanyikan diantaranya Kukatakan Dengan Indah dan Topeng (feat Pasha "Ungu"), Walau Habis Terang, Kisah Cintaku, Mungkun Nanti, Tak Bisakah (feat Giring "Nidji"), Bintang Di Surga, Di Belakangku (feat Ryan "D'massive"), Yang Terdalam (feat Iwan Fals), Menghapus Jejakmu, Tak Ada yang Abadi, dan ditutup dengan lagu Di Balik Awan.

Nah sekian ulasan saya mengenai Peterpan, sudah cukup panjang nih hehe
Akhir kata mengambil kutipan pesan dari seorang Iwan Fals kemarin. "Mudah-mudahan ini bukan akhir dari Peterpan yang sebenarnya". Tentunya semua penggemar peterpan di seluruh tanah air berharap demikian tentunya. selama mereka masih berdedikasi dan memberikan yang terbaik kepada pecinta musik dengan meningkatkan kualitas bermusik, dengan perubahan nama apapun saya kira mereka akan tetap eksist di persaingan musik tanah air. So, kita nantikan saja karya-karya mereka selanjutnya. 

Lirik dan Video Klip Peterpan di Indonesia Top Hits Song:
Bookmark and Share

4 comments:

Anonim mengatakan...pada tanggal 27/10/08  

saya juga ngefans banget ma peterpan, maju terus untuk mereka mau tanya nih, penjualan album sebuah nama sebuah cerita sudah terjual berapa kopy?

Anonim mengatakan...pada tanggal 29/10/08  

peterpan maw di ganti dengan nama apa?

Mapuc mengatakan...pada tanggal 22/10/09  

wah sayang banget buat peterpan, tetapi ada sisi baiknya sich jadi legendaris tar paterpan band..he he

armand widyawarman mengatakan...pada tanggal 25/1/11  

peterpan selalu di hati aku.. :*

:) :D :$ :( :p ;) :k :@ :# :x :o

Poskan Komentar